oleh

195 Personil Polres Tator Kawal Pilkalembang Gelombang I di Buntu Pepasan

-Desaku-118 views

SEMANGATKARYA.CO, Torut – Sekitar 195 personil Polres Tator mengawal jalannya pelaksanaan pilkalembang gelombang I di kecamatan buntu pepasan kabupaten Toraja Utara. Dan Sekitar 11 Lembang/Desa di Kecamatan Buntu Pepasan, melaksanakan pemilihan kepala lembang secara serentak, Senin (11/11/2019).

Dan Personil Polres Tator yang dilibatkan mengawal jalannya proses demokrasi Pilkalembang ini, juga diback up oleh personil dari Kodim 1414 Tator dan Sat Pol PP Toraja Utara, dengan menggunakan pola pengamanan 2 Personil Polri, 2 Personil TNI, 2 Personil Sat Pol PP, dibantu Back Up dukungan 11 personil tiap lembang.

Untuk pertama kalinya, pemilihan kepala lembang ini dilaksanakan dengan menggunakan teknologi sistem E-Voting.

Kabag Ops Polres Tator Kompol Budi Gunawan SE MH selaku Karendal Ops Pilkalembang saat di konfirmasi yang mewakili Kapolres Tator AKBP Julianto P Sirait SH SIK menyebut, secara umum pelaksanaan Pilkalembang gelombang I di Kecamatan Buntu Pepasan, Toraja Utara berjalan dengan lancar dan kondusif, adapun riak-riak yang terjadi di salah satu Lembang, pihak pengamanan sedang di konsentrasikan di lokasi guna antisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan, dan kondisi terakhir disana masih kondusif.

Disinggung soal hasil Pilkalembang, Budi Gunawan mengatakan bahwa untuk hasil dari 11 Pilkalem bukan kewenangannya untuk membeberkan, pihak pengamanan bertugas hanya untuk pengamanan kegiatan Pilkalembang semata, namun pun demikian disarankan olehnya agar mengkonfirmasi ke pihak yang terkait.

“Secara etika profesi dan saling menghormati tupoksi masing-masing, tentunya ada pihak terkait yang lebih berwenang untuk mengumumkan hasil Pilkalembang di hari Senin ini (11/11/2019), silahkan dikonfirmasi ke pihak yang terkait,” ujar Budi Gunawan dengan taktis.

Masih ada 7 gelombang Pilkalembang yang akan berlangsung hingga tanggal 20 Desember 2019, dan untuk Pilkalembang gelombang II direncanakan akan berlangsung pada 16 November 2019 mendatang, pola pengamanannya tetap sama, 2 personil Polri, 2 Personil TNI, 2 Personil Sat Pol PP Toraja Utara, ditambah dukungan 11 personil tiap Lembang, plus Mobile dari Unit Buser Sat Reskrim, dan Sat Sabhara Polres Tator.

“Minggu depan, dukungan BKO dari Brimob Polda Sulsel akan merapat di Polres Tator untuk mendukung pelaksanaan Pilkalembang gelombang ke II di Kecamatan Bangkelekila, Kecamatan Sesean dan Kecamatan Tikala, sementara jumlah Lembang yang akan melaksanakan Pilkalembang adalah 11 Lembang,” kunci Kompol Budi Gunawan.(Hms Polres Tator)

Editor: Arie Kasih

Komentar