oleh

Banjir Penghargaan Warnai Perayaan HUT Toraja Utara ke-11

-Eksecutif-134 views

SEMANGAT-KARYA.COM ,Torut— Pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun(HUT) Kabupaten Toraja Utara ke-11 tahun 2019 ini terbilang prestisius. Betapa tidak, selain Toraja Utara dinobatkan menjadi salah satu kabupaten terbaik kedua kategori otonomi daerah di Indonesia, juga meraih Opini Tanpa Wajar (WTP) keempat kali secara berturut-turut dan tercatat menerima 63 penghargaan baik tingkat Sulsel maupun nasional.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Tinjau sejumlah Proyek di Toraja Utara, dirangkai juga dengan Peringatan HUT Toraja Utara Ke-11 2019


Terhadap prestasi itu, tak heran kalau Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah mengapresiasi kinerja pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Bahkan, Soalnya, selain -benar-benar Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Toraja Utara ke-11 tema “akselerasi pembangunan berwawasan lingkungan dan optimalisasi potensi daerah”, kamis 22 agustus 2019.
Hadir Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H.M Nurdin Abdullah, M.Agr didampingi Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST serta para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulsel, Forkopimda Kabupaten Toraja Utara, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Kepala OPD/SKPD Sekabupaten Toraja Utara dan Para Camat Se-kabupaten Toraja Utara.

Gubernur Sulsel saatmemberikan sambutan pada HUT Ke 11 Toraka Utara di Rantepao
HUT Toraja Utara Ke-11, Di Hadiri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Sambutan Bupati Toraja Utara DR. Kalatiku Paembonan, M. Si “Selama 3 tahun 3 bulan Bupati dan Wabup Toraja Utara melayani di kabupaten toraja utara. Pada 3 tahun

“Peletakan pondasi pembangunan di kabupaten toraja utara kita mendapatkan penghargaan berupa
Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI sebanyak empat kali, menjadi daerah terbaik kedua kategori otonomi daerah terbaik di Indonesia setelah Bandung barat urutan pertama dan urutan ketiga tanggerang Selatan”, kata Bupati Torut

“Capaian urutan pendidikan menjadi urutan lima besar dari 24 kab/kota di sulsel penilaian dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. Sulsel, dibidang kesehatan torut mendapat gelar kabupaten sehat terbaik dan ada sekitar 63 penghargaan telah dicapai baik luar negeri dan dalam negeri”, terang Bupati Toraja Utara.

“Tak hanya itu Pemkab juga terus berupaya meningkatkan infrastruktur di kabupaten ini seperti ,Jalan 143km telah dibangun, jalan desa 206km, jalan tani 65km, 200 meter irigasi, 4 ruas jalan provinsi telah dikerjakan tahun ini oleh Pemerintah Provinsi Sulsel. Dengan pembangunan infrastruktur jalan terutama di provinsi terus meningkat.

Gubernur juga bertekad bahwa 4 ruas jalan itu akan selesai dengan dukungan dari bapak gubernur sulsel di Provinsi”, terima kasih kepada bapak gubernur dan wakil gubernur atas perhatian untuk kabupaten Toraja Utara”, ucap Kalatiku Paembonan

Dalam sambutannya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ucapnya “selamat hari jadi kabupaten toraja utara ke-11 saya sangat mengapresiasi tema hut yakni “akselerasi pembangunan berwawasan lingkungan dan optimalisasi potensi daerah” dimana tema ini sesuai dengan visi dan misi provinsi sulsel yakni dengan pembangunan berbasis pariwisata”, kata Nurdin Abdullah.

Lanjutnya “saya berharap dengan tema ini marilah kita meningkatkan semangat dan komitmen bersama demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera, pelayanan yang baik, menghasilkan iklim birokrasi yang bersih menciptakan rasa percaya akan pemerintah dengan kepercayaan itu Insya Allah kabupaten toraja utara akan mudah mendapatkan investor, mewujudkan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan tentu saja mensejahterakan masyarakat”, imbuh Gubernur Sulsel.

“Tantangan provinsi sulsel kedepan adalah berkompetisi dengan provinsi lainnya di Indonesia, untuk mendapatkan aliran dana investasi dan pembangunan. Investasi sangat berperan penting di provinsi sulsel karena dapat membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran dan saya berharap kabupaten toraja utara menjadi salah satu daerah yang ramah investasi”, ungkap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Kami dari pemerintah provinsi sulsel akan senantiasa mendorong penuh peningkatan aksebilitas pembangunan infrastruktur di kabupaten toraja (tana toraja dan toraja utara) dalam mendorong kemajuan pariwisata kita di toraja. Tahun ini kita akan berupaya membangun jalur dua dari Tedong Bonga menuju Kabupaten Luwu dan Insya Allah tahun ini selesai”, kunci Gubernur Sulsel.

Editor: wawan
Sumber: Diskominfo Torut

Komentar