oleh

Batik Rongkong Motif Bua Kalebu Tampil di Fashion Show Bertema The Elegance of Batik Sulawesi

-Bisnis-95 views

Makassar – Batik Rongkong kembali mewarnai kegiatan fashion show. Kali ini Fashion Show yang digelar Mercure Makassar Nexa Pettarani di Losari Restaurant Lantai Dasar Mercure dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada 2 Oktober 2022.

Fashion Show bertema The Elegance of Batik Sulawesi ini mempertunjukkan berbagai koleksi batik dari desainer-desainer top Makassar, Sulawesi Selatan, di antaranya Salvadora by Iskandar Yusri, Rasuan Lampahan by Lynadesriana, Arie Rich dan Istinana.

Menariknya, manajemen Mercure Makassar Nexa Pettarani juga turut memeriahkan kegiatan fashion show tersebut dengan ikut berlenggak layaknya model dengan menggunakan batik sebagai bentuk kebanggaan terhadap budaya asli Indonesia ini.

Acara ini didukung oleh Wardah Cosmetics dan Amisty Photo, dan berlangsung meriah. Salah satu Desainer asal Kabupaten Luwu Utara, Andar Yusri, ikut menampilkan 5 karya terbaiknya, dan mengusung tema “Fazzura Series” atau Cakrawala di Langit Rongkong.

Motif batik Rongkong yang ia pertunjukkan melalui peraga busana yang berpengalaman adalah motif Roto Bua Kalebu. “Kita menampilkan 5 outfit busana pria kekinian dengan sentuhan balutan batik Rongkong motif Bua Kalebu,” ungkap Andar.

Batik Rongkong dengan motif Bua Kalebu ini, kata dia, disponsori oleh Griya Batik Rongkong Luwu Utara dengan owner, Bulan Masagena. Griya Batik Rongkong Luwu Utara ini sendiri terletak di wilayah pegunungan, yaitu di Kecamatan Rongkong.

Andra mengatakan, Mercure Makassar Nexa Pettarani akan terus menggelar berbagai event, berkolaborasi dengan pekerja kreatif lokal dan UMKM. “Dengan event semacam ini akan semakin memperkenalkan dan melestarikan budaya-budaya lokal kita,” pungkasnya. (LH)