oleh

Demi Rasa Empati, Polres Tana Toraja Serahkan Bantuan Kepada Keluarga Korban

-Hukrim-119 views

SEMANGATKARYA.CO, Tana Toraja – Pasca penemuan kerangka jenazah almarhum Ta’dung (60) diatas perbukitan kebun kopi milik warga di Kampung Bottong Lembang Palesan, Kecamatan Rembon, Tana Toraja yang ditemukan hari ini, Kamis (27/2/2020).

Situasi terkini di rumah kediaman keluarga almarhum masih di kerubungi oleh warga setempat yang turut berduka. 

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Saluputti AKP Martinus Pararuk menyampaikan permintaan maaf dari Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto, SIK,MM yang sedianya akan datang langsung mengunjungi keluarga untuk menyampaikan bela sungkawa, namun karena tugas lain yang mendesak sehingga belum sempat untuk hadir di tengah-tengah keluarga almarhum.

“Kepada kerabat keluarga almarhumah, kami sampaikan permintaan maaf dari Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto, beliau berkeinginan sekali untuk hadir tengah tengah kita untuk menyampaikan rasa bela sungkawa, namun karena tugas lain yang sangat mendesak, sehingga beliau belum berkesempatan untuk hadir di tengah – tengah kita,” kata AKP Martinus Pararuk sampaikan permintaan maaf dari Kapolres.

Mewakili Kapolres Tana Toraja dan segenap keluarga besar Polres Tana Toraja, AKP Martinus Pararuk menyampaikan ungkapan turut berduka cita, dan menyerahkan bingkisan berupa bahan sembako secara simbolik terhadap keluarga korban dengan  harapan dapat meringankan beban keluarga yang berduka.

Kapolsek Saluputti AKP Martinus Pararuk juga secara khusus menyampaikan pesan kepada keluarga almarhum dan warga setempat yang hadir melayat untuk tetap bersama sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, dan jika temukan adanya hal-hal yang berindikasi mengganggu ketertiban di lingkungan masyarakat agar segera berkoordinasi dengan aparat kepolisian, Bhabinkamtibmas dan aparat terkait untuk dapat ditindak lanjuti.

Dari pantauan di lokasi, kehadiran aparat kepolisian bersama dengan Danramil dan unsur pemerintah serta aparat lainnya dipelataran rumah duka menjadi sarana penghibur duka bagi keluarga, ucapan terimakasih pun dilayangkan oleh keluarga korban kepada semua pihak yang telah membantu evakuasi kerangka jenazah dari tempat awal ditemukan hingga tiba di rumah duka.

Sebelumnya, sekitar pukul 10.00 wita, Polres Tana Toraja telah melakukan proses olah TKP dan evakuasi kerangka jenazah almarhum Ta’dung yang ditemukan di kebun kopi warga bernama Ruben T.P ( Ambe’ Melsi ) di Perbukitan kampung Bottong Lembang Palesan Kec. Rembon Kab. Tana Toraja. Kamis (27/02/2020), lokasi penemuannya berjarak sekitar 2 Km dari pemukiman warga, korban pertama kali oleh saksi an. Martha alias  Indo’ Abi (50), dan Albertin Arruan alias Indo’ Egi (41) Pekerjaan IRT/ tani, Agama Kristen, Alamat Karappa’ Lembang Palesan.

Pihak keluarga dapat mengenali kerangka jenazah almarhum Ta’dung dengan cara ditemukannya KTP korban yang masih berada di saku celana korban, pihak keluarga korban juga masih mengenal persis pakaian yang dikenakan oleh korban.

Dari pihak kepolisian juga diperoleh informasi bahwa korban almarhum Ta’dung telah meninggalkan rumah keluarganya sejak tanggal 05 Januari 2020.

Atas kejadian tersebut, pihak keluarga korban membuat surat pernyataan untuk tidak dilakukan Autopsi terhadap Jenazah dan menerima kondisi tersebut dengan ikhlas, pihak keluarga merasa yakin jika kerangka yang ditemukan tersebut adalah kerangka Jenazah dari anggota keluarga yang selama ini telah dicari.

Sumber : Humas Polres Tana Toraja
Editor : wawan/arie

Komentar