oleh

Didampingi Kapolres Toraja Utara, Kapolda Sulsel Resmikan Mapolres Toraja Utara Yang Ditandai Dengan Penandatanganan Prasasti

-Hukrim-68 views

Didampingi Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen. Pol. Drs. Nana Sujana, M.M meresmikan Bangunan baru Kantor Polres Toraja Utara bersama dengan tiga bangunan lainnya yang terletak di Panga Kec. Tondon Kabupaten Toraja Utara.

Peresmian Markas Komando Polres Toraja Utara tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti pada masing-masing bangunan yang digelar di Aula Mappaodang Mapolda Sulsel, Jumat (24/02/2023).

Adapun 4 objek prasasti yang ditandatangi oleh Bapak Kapolda Sulsel yaitu Bangunan Kantor Polres Toraja Utara, Barak Dalmas, Rumah Jabatan Kapolres Toraja Utara, dan Rumah Jabatan Wakapolres Toraja Utara.

Diresmikannya gedung baru Markas Komando (Mako) Polres Toraja Utara tersebut guna untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada Masyarakat, Hal tersebut disampaikan Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. Nana Sujana, M.M usai menandatangani prasasti.

Dalam kesempatan tersebut Ia mengatakan bahwa, dengan peresmian dan penandatanganan prasasti Mako Polres Toraja Utara diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Polri kepada Masyarakat.

“Sudah menjadi komitmen jajaran Polda Sulawesi Selatan untuk selalu menjadi representasi negara hadir di tengah-tengah Masyarakat,” sebut Kapolda Sulsel.

Dikesempatan tersebut, Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Toraja Utara yang telah memberikan hibah tanah untuk lokasi pembangunan Mako Polres. Mako Polres Toraja Utara sendiri dibangun dengan anggaran Dipa Polri Rp 25 miliar dengan luas lahan 3 (tiga) hektare.

Kapolda Sulsel menambahkan bahwa sesuai Dipa Polri tahun 2022 untuk Polda Sulsel bangunan yang dilaksanakan di Polres Toraja Utara. Pelaksanaan proyek tersebut memedomani yakni tepat waktu, tepat mutu, dan tepat biaya (3T). Pembangunan konstruksi 2022 dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K mengungkapkan bahwa dengan diresmikannya Markas Komando (Mako) Polres Toraja Utara yang ditandai dengan penandatanganan prasasti merupakan salah satu bentuk nyata realisasi program prioritas Kapolri yaitu transformasi menuju Polri yang presisi.

“Peresmian ini untuk lebih mengefektifkan tugas pokok Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat sertap Penegakan Hukum yang berkeadilan, khususnya di Kabupaten Toraja Utara,” terangnya.

Perlu diketahui, sebelum terbentuknya Polres Toraja Utara, wilayah Kabupaten Toraja Utara masih menjadi wilayah Kabupaten Tana Toraja. Pada tahun 2008 Kabupaten Toraja Utara resmi memisahkan diri dan tidak lagi menjadi bagian dari Kabupaten Tana Toraja.

Setelah 11 tahun Kabupaten Toraja Utara berdiri, akhirnya pada tahun 2019 berdasarkan Keputusan Kapolri, Polres Toraja Utara pun terbentuk dan ikut memisakan diri dari Wilayah Hukum Polres Tana Toraja.

(Humas Polres Toraja Utara Polda Sulsel)