oleh

Mendagri Tito Resmi Lantik Pj Gubernur, Prof Zudan Arif Sebagai Pj Sulsel, Bahtiar Baharuddin Bergeser ke Sulbar

-Eksecutif-129 views

WAJO–Mendagri Tito Karnavian pagi ini melantik Pj.Gubernur Sulawesi Selatan dan Pj.Gubernur Sulawesi Barat di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta Pusat Jumat, 17 Mei 2024.

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Prof Zudan Arif Fakhrulloh dilantik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan menggantikan Bahtiar Baharuddin.

Prof Zudan menyelesaikan jabatannya sebagai Pj Gubernur Sulbar 12 Mei 2024, sementara Bahtiar Baharuddin yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri resmi dilantik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Tito menyampaikan, kehadiran penjabat untuk mengisi kekosongan dengan adanya amanat Undang Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada serentak yang akan digekar 27 November 2024.

“Semenjak Mei 2022 berakhir masa jabatan yang priorit di tahun 2017. Jumlahnya 101 daerah. Kemudian Pilkada 2018 itu jumlahnya 171, berakhir masa jabatan. Nanti masih ada satu gubernur lagi tersisa definitif yaitu Provinsi Lampung, Pak Arinal Junaedi, nanti bulan Juni,” tuturnya.

“Kita sudah melaksanakan pengisian dengan penjabat gubernur dan penjabat walikota yang waktunya cukup panjang dan Masih ada 270 pejabat definitif hasil pilkada tahun 2020. Nanti akan menjabat sampai selesai masa jabatan ketika terpilih hasil pilkada 2024. Tutupnya.

Sementara Pj. Bupati Wajo Andi Bataralifu yang juga sebagai Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian bapak Bahtiar Baharuddin sebagai Pj.Gubernur Sulawesi Selatan dan Sukses di tempat tugas yang baru sebagai Pj.Gubernur Sulawesi Barat Semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan hikmah dalam menjalankan tugas serta Selamat dan sukses atas pelantikan Bapak Prof Zudan Arif Fakhrulloh sebagai Pj. Gubernur Sulawesi Selatan lnsya Allah semua akan terus bersinergi untuk kemajuan Sulawesi Selatan yang kita banggakan. (Humas Pemda Wajo)