oleh

Mengenal Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia Setiap Tahunnya

-Desaku-49 views

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) punya gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) sejak 2021. ADWI menjadi panggung penghargaan bagi desa-desa wisata yang telah mencapai prestasi gemilang, diukur dengan kriteria-kriteria penilaian tertentu.

Tujuan utama event ini adalah meningkatkan status desa wisata Indonesia menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia yang memiliki daya saing tinggi. ADWI menjadi pendorong utama bagi pariwisata Indonesia, terutama karena negara ini memiliki 75.000 desa, dan sekitar 1.200 di antaranya berpotensi menjadi desa wisata.

Mengenal Desa Wisata yang Pernah Menang di Anugerah Desa Wisata Indonesia

Selama 3 tahun terselenggaranya ADWI, ada beberapa desa wisata yang menarik perhatikan para wisatawan. Berikut ini beberapa ulasan terkait dengan dewa wisata yang pernah memenangkan anugerah sebagai dewa wisata terbaik dalam ADWI setiap tahunnya.

1. Desa Wisata Wae Rebo, Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pada edisi pertama kali di tahun 2021, belum ada kategori khusus desa wisata terbaik. Dalam penghargaan di 2021 tersebut, desa wisata terbaik terbagi dalam beberapa kelompok. Desa wisata Wae Rebo merupakan pemenang untuk kategori Daya tarik wisatanya.

Daya tarik utama Desa Wae Rebo adalah rumah adat Mbaru Niang, dengan atap khas berbentuk kerucut yang terdiri dari tujuh tingkat. Selain sebagai tempat tinggal, Mbaru Niang juga menjadi pusat kegiatan sosial dan keagamaan bagi masyarakatnya.

Desa Wae Rebo bukan hanya rumah adatnya yang menarik, tetapi juga kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi. Tantangan untuk menuju desa wisata pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini juga menarik dan jadi daya tarik wisata tersendiri.

2. Dewa Wisata Semen, Blitar, Provinsi Jawa Timur

Desa yang berada di Blitar, Jawa Timur ini jadi pemenang untuk kategori Desa Wisata Maju terbaik tahun 2022. Alamnya yang indah serta atraksi budaya dan wisata buatannya menjadi daya tarik yang dimiliki oleh desa wisata ini.

Lokasi Desa Wisata Semen juga terbilang unik karena terapit oleh dua lereng yakni lereng Gunung Kelud dan lereng Gunung Kawi dan dibelah oleh sungai Lekso. Ada banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan saat berada di Desa Wisata Semen terutama berhubungan dengan kegiatan Outdoor.

Dewa wisata ini cocok untuk kamu yang sudah dengan keindahan alam dan berbagai aktivitas Outdoor. Ada beberapa atraksi seperti Jaranan dor yang juga bisa kamu temukan di desa wisata ini. Anda juga bisa diajak untuk melihat proses pembuatan gula kelapa secara tradisional.

3. Desa Wisata Ketapanrame, Mojokerto, Provinsi Jawa Timur

Desa wisata yang berada di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur ini menjadi pemenang Desa Wisata Terbaik ADWI 2023. Ada banyak pilihan wisata yang ada di desa ini mulai dari wisata alamnya yang indah dan menyejukkan, wisata budaya, dan juga wisata edukasi.

Ada banyak wisata alam yang bisa Anda kunjungi mulai dari persawahan di Sumber Gempong, Air Terjun Dlundung dan Talang, hingga perkebunan kopi. Wisatawan juga akan disuguhkan beberapa atraksi tradisional seperti silat, bantengan, gamelan, dan tari Mayang Rontek.

Salah satu yang menjadikan desa wisata ini sebagai terbaik di Indonesia pada gelaran ADWI 2023 yakni karena lengkapnya fasilitas. Bukan hanya tempat wisata namun juga ada beragam fasilitas penunjang yang dapat mempermudah pengunjung ketika datang ke desa wisata tersebut.

Temukan beragam informasi menarik lainnya mengenai wisata dan aktivitas travelling di Beritadata.com. Desa wisata pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia merupakan contoh destinasi menarik yang pembahasannya dapat kamu temukan di dalam website Beritadata.com. (*/dirman)