oleh

Merujuk Surat Edaran Mendagri, Penyaluran BLT-DD Toraja Utara Tahap Selanjutnya Dibayarkan Bulan Juli Hingga September 2020

-Eksecutif-1,485 views

SEMANGATKARYA.COM, Toraja Utara – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2020 triwulan II tahap 4 sampai 6 dimulai bulan Juli hingga September sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI nomor 412.16/4098/SJ tentang percepatan penyaluran dana desa, pelaksanaan bantuan langsung tunai dana desa serta penyampaian laporan konsolidasi belanja tak terduga dan realisasi pelaksanaan APBDesa.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Lembang (DPML) Toraja Utara, Ritha Rasinan SE MH, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/8/2020).

Berdasarkan surat edaran dari Mendagri, kata Ritha, begitupun juga dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI nomor 40 /PMK.07/2020 tentang perubahan atas peraturan menteri keuangan nomor 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan dana desa, bahwa penambahan BLT diadakan sampai dengan September 2020 dengan nilai nominal Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Jadi antara PMK 40 tahun 2020 dan surat edaran Mendagri nomor 412 itu sinkron dalam hal pelaksanaan di lapangan. Perhatian pemerintah dengan adanya covid ini betul-betul perlu disyukuri karena begitu besar manfaat dari pada dana ini untuk masyarakat sekalipun jumlahnya tak seberapa tapi itu bisa menunjang kehidupan sehari-hari sesuai dengan peruntukannya,” ungkapnya.

Untuk penambahan data KPM BLT-DD, lanjut Ritha, dan merujuk pada surat edaran tersebut, bagi masyarakat miskin berhak menerima dan sesuai dengan ketetapan musyawarah Desa lalu disampaikan ke Camat dan Bupati agar disahkan menerima bantuan tersebut.

Menjelang HUT Ke-75 RI, tambahnya, sekalipun dalam suasana mencekam akibat pandemi covid-19 tetapi semangat tak pernah pupus untuk tetap bekerja mengisi kemerdekaan yang sudah dinikmati hingga saat ini.

“Kita berharap covid ini cepat berlalu dengan adanya semangat dalam bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Dirgahayu RI bagi kita semua,” pungkas Kadis PML Toraja Utara.

Reporter: Arie Kasih