oleh

Nakes Wajo Raih Peringkat 1 Bidan Teladan se-Sulawesi Selatan, Amran Mahmud Beri Apresiasi

-Kesehatan-171 views

Wajo – Tenaga Kesehatan (Nakes) Kabupaten Wajo kembali mengukir prestasi membanggakan di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kali ini, Fitria yang merupakan Bidan di UPT Puskesmas Keera berhasil menjadi Peringkat 1 Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023 untuk kategori Bidan.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Nomor : 440.5.2/04070/Diskes tentang Penetapan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023.

Untuk Tenaga Kesehatan Teladan kategori Bidan, Fitria berhasil melampaui nilai dari perwakilan Kabupaten Sidrap dan Sinjai yang masing-masing berada di peringkat 2 dan 3. Sementara perwakilan Soppeng, Pinrang serta Pangkajene dan Kepulauan masing berada di peringkat harapan 1, 2 dan 3.

Bupati Wajo, Amran Mahmud yang mengetahui informasi ini mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi dari Bidan PKM Keera tersebut.

Pasalnya kata dia, untuk penetapan dan seleksi tenaga kesehatan teladan ini sangat ketat serta dilakukan secara cermat dan mendalam dengan melalui beberapa tahapan yakni, ujian tulis, presentasi, dan wawancara serta penilaian lapangan.

“Tentunya kita sangat bersyukur dan bangga, karena tenaga kesehatan kita bisa meraih peringkat 1 di tingkat provinsi. Apalagi, dengan terpilihnya sebagai peringkat pertama tenaga kesehatan khususnya untuk kategori bidan, Ibu Fitria ini akan mengikuti rangkaian penilaian tingkat pusat di Kementerian Kesehatan Republika Indonesia,” ucap Amran Mahmud yang dikonfirmasi Selasa (6/6/2023).

Olehnya itu, Ketua DPD PAN Wajo ini meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan bersama jajaran untuk terus membina dan mendampingi Fitria, khususnya pada penilaian tingkat pusat dengan berkoordinasi serta bersinergi dengan jajaran pemkab Wajo serta stakeholder lainnya.

“Semoga dengan upaya maksimal, kerja keras dan kebersamaan kita, akan mengantar tenaga kesehatan kita ini menjadi terbaik di tingkat nasional,” ucapnya.

Orang nomor satu Wajo inipun berharap, prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi semua nakes di Kabupaten Wajo untuk terus berupaya menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat.

Sementara Bidan atau Tenaga Kesehatan Teladan dari UPTD PKM Keera, Fitria menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkab Wajo, khususnya Buoati, Wakil Bupati, Kepala Dinas Kesehatan serts seluruh pihak yang telah membantu dan mendukungnya selama ini.

“Bantuan, dukungan dan bimbingan dari semua masih sangat kami butuhkan selalu, apalagi menghadapi penilaian tingkat pusat nantinya,” ucapnya.

Sebagai informasi bahwa Fitria ini juga adalah inovator dari Inovasi JEMARI INDAH SIAP SIAGA atau Jemput dan Antar Ibu Bersalin Dari/Ke Rumah dengan Aplikasi Alarm Persalinan Siap Antar Jaga. Inovasi ini telah lolos 30 Besar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Sulsel Tahun 2023.