oleh

Pacu Pertumbuhan Ekonomi Masyarakatnya, Kades Kasumeeto Kolut Terus Bergeliat

-Desaku-221 views

Kolaka Utara – Kades Kasumeeto Kecamatan Pakue Kolaka Utara Sultra Muh. Taris, S.Pd, Pro Aktif lakukan sosialisasi guna Memacu Pertumbuhan Ekonomian masyarakat Di Sejumlah Sektor dalam wilayah desa yang di pimpinnya.
Diketahui Muh. Taris, S.Pd selama memimpin Desa Kasumeeto dalam kurun waktu satu tahun ini, Pihaknya terus memaksimalkan pelayanan masyarakat. Dan bahkan Dirinya terus menggali potensi hasil bumi yang ada diwilayah kerjanya dalam berbagai sektor.

Sebagai contoh pada sektor Pertanian misalnya, Muh. Taris, S.Pd bersama warganya selalu melakukan kegiatan penanaman kakao yang tercatat seluas 6.5 Ha dan peremajaan sekitar 24 ha yang tersebar di Desa Kasumeeto. Dan kegiatan tersebut rupanya atas dukungan penuh Bupati Kolaka Utara Drs. H Nur Rahman Umar, MH

Menurut Kades Muh. Taris, S.Pd bahwa Kegiatan tersebut adalah merupakan tindak lanjut dari Program Revitalisasi kakao. “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Bupati yakni Revitalisasi Kakao, dan ini adalah salah satu ungkapan dan pesan Bupati Kolaka Utara H. Nur Rahman Umar pada kunjungannya di Desa Kasumeeto bebrapa wakktu lalu”, jelasnys.

Lebih lanjut Taris menirukan ungkapan Bupati Nur Rahma Umar di sela-dela kegiatan tersebut dengan berbahasa Daerah. “lain pattaneng coklat, Lain paddare’ coklat, artinya kalau pattaneng coklat (penanaman Coklat) sudah dia tanam bisa saja dia tinggalkan, tetapi kalau paddare’ coklat ( petani coklat) sudah dia tanam dirawat dengan baik sampai berhasil”, jelas Muh. Taris

Dan ditengah – tengah masyarakat petani di desa Kasumeeto, H. Nur Rahman Umar juga menyampaikan pesan-pesan untuk memotivasi masyarakatnya demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui hasil tani kakao, agar kehidupan sehari-hari lebih baik.

Adapun kunjungan Bupati Kolaka Utara H. Nur Rahman Umar di Desa Kasumeeto pekan lalu adalah upaya untuk memotivasi masyarakat sehingga program Revitalisasi kakao dapat terealisasi dengan baik demi meningkatkan perekonomian masyarakat melalui hasil tani kakao, agar kehidupan sehari-hari lebih baik.Dengan harapan, melalui hasil giat peremajaan kakao, dapat mengisi kantong masyarakat.tutupnya.

Reporter : Ilham Pabi’