oleh

Pemkab Toraja Utara Tertibkan Bangunan Liar Tak Berizin Dibantaran Sungai, Polres Tator Gelarkan Pengamanannya

-Hukrim-120 views

SEMANGAT-KARYA.COM, Torut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara kembali melakukan penertiban keindahan tata kota berupa Penertiban Bangunan Liar yang ada di Bantaran Sungai yg tdk memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan melanggar garis sempadan jalan dengan dasar Keputusan Bupati Toraja Utara Nomor 844 / IX / 2019, Rabu (2/10/2019).

Penertiban Bangunan Liar tak berizin ini melibatkan personil Satpol PP Pemkab Toraja Utara sebagai leading sektor pelaksana.

Berdasarkan atas permintaan pengamanan dari Pemkab Toraja Utara, Polres Tana Toraja menurunkan 58 Personilnya yang di pimpin oleh Kabag Ops Polres Tator Kompol Budi Gunawan SE MH dalam rangka penyelenggaraan pengamanan pelaksanaan penertiban warga penghuni bantaran sungai.

Kompol Budi Gunawan dalam keterangannya saat dikonfirmasi mengatakan tugas pokok dari personil polisi yang dipimpinnya adalah penyelenggaraan Pengamanan pelaksanaan kegiatan yang dengan tujuan yang ingin dicapai adalah proses pelaksanaan penertiban Bangunan Liar Tak Beirizin berjalan dengan aman dan kondusif.

“Leading sektor eksekusinya ada di rekan rekan Satpol. PP sebagai pelaksana kegiatan, sementara back up dari Personil Polres Tator dan juga Personil Kodim 1414 Tator bertugas sebagai pengamanan pelaksanaan kegiatan,” jelas Kompol Budi Gunawan.

Disebutkan lebih lanjut oleh Budi Gunawan, ada 3 lokasi pengamanan penertiban yang dilakukan oleh personil yaitu :

  1. Jalan Poros Rantepao – Tagari (Lingkungan Pasar Pagi Kelurahan Malanggo Kecamatan Rantepao)
  2. Jalan Poros Rantepao – Tagari (Lingkungan Pa’tinoran Kelurahan Buntu Pasele Kecamatan Rantepao)
  3. Jalan Poros Rantepao – Tagari (Lingkungan Rante Bolu Kelurahan Tallunglipu Matallo Kecamatan Tallunglipu).

“Pengamanan di 3 lokasi diatas berjalan baik sesuai dengan rencana, situasi dan kondisinya aman dan kondusif, dan dari pantauan di lokasi, masyarakat pemilik bangunan yang ditertibkan menerima secara ikhlas untuk direlokasi demi kemajuan penataan kota Rantepao Kabupaten Toraja Utara,” tutur Kompol Budi Gunawan.

Hasil yang dicapai dari pelaksanaan pengamanan ini pun di apresiasi oleh Kapolres Tana Toraja.

“Puji Tuhan aman dan terkendali, Terimakasih rekan-rekan atas pelaksanaan tugasnya, memang jika dengan perencanaan yang baik tentunya akan menghasilkan hal yang baik pula,” tutup AKBP. Julianto P. Sirait SH SIK mengapresiasi personilnya. (Hms Polres Tator)

Reporter : Arie Kasih

Komentar