oleh

Selamat! Desa Rinding Allo Luwu Utara Terima Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

-Eksecutif-183 views

Luwu Utara — Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Salah satu desa yang terletak di wilayah pegunungan, Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong, berhasil mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Penghargaan ADWI tersebut diterima oleh Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia yang dilangsungkan di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (27/8/2023) malam.

Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong meraih penghargaan nasional ADWI 2023 setelah dinobatkan sebagai 10 Desa Wisata Terbaik kategori Homestay dan Toilet Umum.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf-RI), Sandiaga Uno. Selain Menparekraf, hadir pula Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrasruktur Kemenparekraf, Aryanto.

Pengumuman pemenang yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenparekraf ini mengusung tema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit, Pariwisata Berkelas Dunia.

“Kami percaya bangkitnya pariwisata Indonesia dimulai dari desa, karena kekayaan alam, luhurnya adat dan budaya, serta semanga masyarakat di desa,” ucap Menparekraf, Sandiaga Uno, dikutip dari YouTube Kemenparekraf, Minggu (27/8/2023).

Diketahui penilaian ADWI ini dibagi menjadi lima kategori, yaitu: (1) Daya Tarik Pengunjung; (2) Suvenir; (3) Homesay dan Toilet Umum; (4) Digital dan Kreatif; serta (5) Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Satu kategori lain, Desa Wisata Terfavorit, pemenangnya ditentukan melalui like terbanyak video desa wisata di YouTube Kemenparekraf selama periode 21 – 25 Agustus 2023.

Terkait capaian Desa Rinding Allo pada ADWI 2023, Bupati Indah Putri Indriani menyebutkan, capaian tersebut tidak terlepas dari hasil inisiasi, inovasi serta sinergi dan kolaborasi seluruh stakeholder terkait dalam membangun kerja sama pentahelix di Luwu Utara.

“Alhamdulillah, kami hadir dan menerima langsung penghargaan untuk Desa Wisata Rinding Allo pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 malam tadi yang diserahkan Menteri Parekraf RI, bapak Sandiaga Uno,” ucap Indah Putri Indriani.

Untuk itu, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang ikut mendukung dan turut berpartisipasi dalam memenangkan Desa Rinding Allo pada ADWI 2023.

“Terima kasih atas kerja keras kita semua untuk pencapaian ini. Insya Allah, menjadi berkah bagi pariwisata dan masyarakat Luwu Utara,” ucap Indah lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Luwu Utara, Jumail Mappile, menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, atas keberhasilan Rinding Allo sebagai pada ADWI 2023 ini.

“Selamat dan sukses kepada Bupati Luwu Utara, Ibu Indah Putri Indriani, atas Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 untuk Desa Rinding Allo. Semoga berkah dan menjadi motivasi untuk terus berbenah memajukan pariwisata di Luwu Utara,” ucap Jumail.

Apa yang dicapai Desa Wisata Rinding Allo adalah bukti bahwa aktivitas pariwisata di daerah berjuluk Bumi La Maranginang ini kembali bergairah. Dan capaian ini bisa menjadi motivasi dan spirit bagi desa lainnya untuk bisa mengikuti jejak Desa Rinding Allo dan berkontribusi terhadap bangkitnya pariwisata Indonesia yang berkelas dunia. (LHr)