oleh

Berikan Pelayanan, Polres Toraja Utara Gelar Pengamanan Ibadah Shalat Tarawih Hari Pertama Tahun 2023

-Agama-125 views

Toraja Utara – Setelah Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Penetapan ini didasarkan pada keputusan Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadan 1444 H yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta.

Menanggapi hal tersebut Polres Toraja Utara kemudian memberikan pelayanan dengan melaksanakan Pengamanan Ibadah Shalat Tarawih di 18 Masjid yang tersebar di Wilayah Kabupaten Toraja Utara selama bulan suci ramadhan, dimulai pada rabu (22/03/2023) malam.

Adapun ke-18 Mesjid yang mengelar ibadah Shalat Tarawih yang ada di Kabupaten Toraja Utara yaitu, Masjid Agung Rantepao, Masjid Nurul Taqwa Bolu, Masjid Taqwa Karassik, Masjid Kodim 1414/Tator, Masjid Nurul Iman, Masjid Nurul Taqwa Rada, Masjid Nurul Hidayah Garuang, Masjid As-Siddik Orongan, Masjid Ar-Rasyid.

Lanjut, Masjid Babul Khair Mongsia, Masjid Quba Baladatu, Masjid Nurul Huda Ledo, Masjid Nurul To’barana’, Masjid Nurul Huda Karassik, Masjid Husein Mu’minin To’karau, Masjid Almubaroh, Masjid Al Muhajirin, dan Masjid Al Huda Balusu.

Meski terbilang minoritas, antusiasme Masyarakat Toraja Utara yang akan melaksanakan Shalat Tarawih di bulan Suci Ramadhan begitu terasa dengan banyaknya Masyarakat yang berbondong-bondong untuk datang melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih di Masjid.

Pelaksanaan pengamanan dilakukan dengan cara menertibkan para pengendara kendaraan bermotor yang lalu lalang di depan Masjid disertai dengan penertiban parkiran kendaraan guna menghindari terjadinya kemacetan sehingga pelaksanaan ibadah sholat berjalan dengan baik dan nyaman.

Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso S.IK saat dikonfirmasi mengatakan, untuk wilayah hukum Polres Toraja Utara, pihaknya Siap untuk melakukan pengamanan Shalat Tarawih dengan melibatkan Personel Jajaran Polres Toraja Utara, yang akan siap siaga berjaga disekitaran Masjid yang melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih.

Ia juga mengimbau Masyarakat untuk ikut serta menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman pada saat pelaksanaan sholat Tarawih selama Ramadhan 1444 Hijriah/2023 ini.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta saling menghormati satu sama yang lain, sehingga momentum ibadah Ramadhan tahun ini bisa lebih bermakna,” pinta Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, selain melaksanaan pengamanan saat shalat tarawih, personel Polres Toraja Utara dan jajarannya juga akan mengintensifkan kegiatan Patroli.

“Kegiatan Patroli juga diintensifkan di daerah yang dianggap rawan, Semoga pelaksanaan ibadah puasa tahun ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, tak lupa kami menyampaikan Marhaban Ya Ramadhan selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H / 2023 Masehi,” tutupnya.

(Humas Polres Toraja Utara Polda Sulsel)