oleh

Gelar Lomba Nanre Sokkoreng, Amran Mahmud : Upaya Lestarikan Karya Budaya Pengetahuan Tradisional

-Ekonomi-121 views

Wajo – Rangkaian kegiatan pagelaran Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan Tahun 2023 yang digelar di Kabupaten Wajo sudah mulai dilaksanakan.

Meskipun pembukaan secara resmi oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman baru akan dilaksanakan besok, Rabu (9/8/2023), namun Lomba Nanre Sokkoreng sudah dimulai sore ini, Selasa (8/8/20203).

Lomba Nanre Sokkoreng ini diikuti oleh Desa se-Kabupaten Wajo. Setelah dinilai oleh tim penilai, Nanre Sokkoreng ini akan disajikan pada malam ramah tamah malam harinya.

Bupati Wajo, Amran Mahmud yang menyempatkan diri menyaksikan langsung penilaian ini menyampaikan apresiasi atas partisipasi dari Kepala Desa mengikuti lomba ini.

Ketua DPD PAN Wajo ini menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan maka dengan ini Pemerintah Daerah wajib menyusun Tim Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan ( PPKD ) yang dapat menginventarisasi Obyek Pemajuan Kebudayaan ( OPK ). Dalam OPK tersebut salah satunya adalah Pengetahuan Tradisional

“Nanre Sokkoreng merupakan karya budaya Pengetahuan Tradisional yang wajib dilestarikan. Sehingga melalui ajang Expo Dekranasda Sulsel ini kita perkenalkan melalui lomba Nanre Sokkoreng,” ucapnya.

Kami juga selaku Pemerintah Daerah, lanjutnya telah mendaftarkan Nanre Sokkoreng sebagai Kekayaan Intelektual Komunal ( KIK ) sesuai Pasal 38 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

“Kita berharap, momen ini akan menjadi ajang untuk menggaungkan kekayaan intelektual komunal yang dimiliki Kabupaten Wajo, bukan hanya Nanre Sokkoreng, tetapi banyak lagi lainnya yang sudah banyak kita daftarkan sebagai KIK,” ucapnya.

Amran Mahmud juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan Pagelaran Dekranasda Expo Sulsel Kreatif Andalan Tahun 2023. “Mari kita tunjukkan Wajo sebagai tuan rumah yang baik,” ucapnya.

Sementara, Ketua Yayasan Budaya Wajo, Sudirman Sabang menjelaskan bahwa untuk penilaian Lomba Nanre Sokkoreng ini ada beberapa kriteria yaitu Menu Wajib, Rasa, Kreasi dan Menu Tambahan.

“Untuk menu Waji itu Nasu Manu Mallebu, Bette Bale Buta, Salonde, Bajabu Bale Boleng, Bette Oseng, Bette Urang dan Bette Bale Bolong. Sementara untuk menu tambahan sesuai selera,” ucapnya.

Sebagai informasi, pemenang Lomba Nanre Sokkoreng akan diukumkan pada penutupan Expo Dekranasda Sulsel Kreatif Andalan Tahun 2023 yang rencananya pada Jum’at (11/8/2023).