oleh

Haornas Toraja Utara, Sekda; “Junjung Sportivitas Dalam Berkompetisi”

-Olahraga-134 views

SEMANGAT-KARYA.COM, Torut – Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional Ke-36 (HAORNAS) di Lapangan Bakti Rantepao, Jumat (4/10/2019).

Pembukaan Kompetisi Olahraga Pelajar Kabupaten Toraja Utara Tahun 2019 dengan tema “Ayo Olahraga!! Dimana Saja, Kapan Saja”.

Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS) Digelar Kabupaten Toraja Utara.(ft.dok)

Sambutan Ketua Panitia oleh Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Torut Jisan Pakilaran mengatakan, pelaksaan kegiatan yang memperebutkan piala Bupati Toraja Utara yang di selenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Toraja Utara tahun anggaran 2019 dan kerjasama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Toraja Utara.

“Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi sepak bola tingkat sekolah dasar (SD), sepak takraw putra(i) tingkat SMP dan SMA, bola basket three on trhree putra (i) tingkat SMP dan SMA, atletik dengan nomor-nomor lari 5000 meter, lari 800 meter, lari 100 meter, lempar lembing, tolak peluru, lompat jauh yang di ikuti peserta putra (i) SMP dan SMA,” jelasnya.

Lanjut Kabid Prestasi Olahraga, maksud dan tujuan kegiatan untuk mencari atlet berprestasi yang akan dipersiapkan untuk penyelenggaraan kompetisi olahraga untuk tingkat selanjutnya yang lebih tinggi, baik PORDA, Sea Games dengan harapan semoga olahraga kita mendapatkan atlet berprestasi.

Adapun 4 lokasi yang digunakan peserta untuk melaksanakan kompetisi yaitu di Lapangan Bakti Rantepao, Lapangan Kodim 1414 Tator, Lapangan Tagari dan Gedung Olahraga Rantepao (GOR).

Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M. Pd selaku pembina upacara peringatan Haornas mengatakan, kegiatan ini sangat kita apresiasi karena melalui olahraga kita memberi kesempatan kepada generasi harapan bangsa mengingat kita dapat menata waktu dimana bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan menata olahraga.

“Manfaat apa yang tersedia di sekitar kita di Rantepao khususnya banyak tempat yang bisa dijadikan wahana olahraga seperti lapangan bakti, lapangan kodim, art center dan masih banyak tempat lain, dihimbau kepada sekolah-sekolah setiap hari minggu agar dibuka agar anak-anak kita bisa berolahraga,” kata Sekda Torut.

Rede Roni Bare juga mengatakan, Banyak teladan yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak kita khususnya di cabang olahraga yang sudah sampai di tingkat dunia dan sekaligus menjadi motivasi bagi anak-anakku dan disini disampaikan beberapa atlet Toraja yang membawa nama harum daerah ini.

Seperti, bapak Joni Kamban mantan penjaga gawang PSM selama 20 tahun beliau kiranya bisa menjadi konsultan dalam berkomunikasi mengenai olahraga sepak bola untuk memberi semangat dan motivasi bagi anak-anak kita.

Berikut, Dr. Agus Salim yang sudah dikenal di tingkat dunia bidang Karateka, atlet berbakat lainnya adalah Mersy atlet berbakat di bidang takraw dan Simon Lewi yang juga berprestasi tingkat Nasional bidang Karateka.

“hari kita akan membuka dan melaksanakan pertandingan diharapkan semua peserta yang mengikuti kegiatan menjunjung tinggi sportivitas, kejujuran dan mengakui kekalahan. Nilai integritas juga perlu diterapkan dalam kehidupan kita, baik di sekolah, di rumah dan dalam masyarakat. Jaga persatuan dan sportivitas kegiatan hari ini,” jelas Sekda Torut.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Torut dan beberapa pejabat eselon II dan eselon II Pemkab Toraja Utara, Ketua KNPI Torut dan Ketua KONI Torut. (Diskominfo Torut/Basry)

Reporter : Arie Kasih
Photography : Rafa Ara

Komentar