oleh

Kembali dari Kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila, Dandim 1414 Tator Ikut membantu Dorong Truk Yang Terjebak Lumpur

-Hankamnas-188 views

Tana Toraja – Letkol Inf Monfi Ade Chandra, Komandan Kodim 1414 Tana Toraja, bersama sopir dan ajudannya dibantu beberapa warga pengguna jalan membantu mendorong sebuah mobil truk pengangkut material yang terjebak lumpur dijalan  Desa Maliba Kecamatan Curio Kabupaten, Enrekang.

Aksi spontanitas para anggota TNI AD tersebut dilakukan ketika kendaraan yang ditumpangi Dandim melintas di jalan desa saat kembali dari kegiatan pencanangan “Kampung Pancasila” di Lembang (Desa) Uluwai, Tana Toraja pada Sabtu (3/9).

“Saat akan melintas kami melihat  truk terjebak lumpur ditengah jalan yang menghalangi pengguna jalan lain, kami bersama beberapa anggota dan masyarakat pengguna jalan membantu mendorong kendaraan tersebut,” kata Chandra.

Sebagai manusia, tambahnya, kami tergerak untuk membantu, juga fungsi tentara adalah selalu hadir membantu masyarakat yang membutuhkan, diminta atau tidak,  dan itu adalah Kewajiban kita.

Lanjutnya, kampung Pancasila adalah salah satu program TNI AD dalam rangka pemantapan ideologi Pancasila bagi masyarakat diseluruh Tanah air.

“Seperti kita ketahui Indonesia terdiri dari kekayaan akan keberagaman dan perbedaan. Pancasila sebagai dasar negara “tangguh” mempersatukan Indonesia dalam berbagai keberagaman. Saya sangat yakin bahwa masyarakat Toraja sangat kuat memegang ideologi Pancasila, maka harus dilestarikan,” demikian pungkas Candra.(**)