oleh

Merasa Nama Baiknya Dicermakan, Difitnah dan Dilecehkan Oleh Oknum ASN Disdik Lutra, Anggota LP KPK Erwin Saputra Akan Tempuh Jalur Hukum

SEMANGATKARYA.COM, Luwu Utara – Permasalahan yang diduga mencemarkan dan melecehkan nama baik salah satu anggota LP KPK Komisi Cabang Kabupaten Luwu Utara Erwin Saputra oleh Oknum ASN berinisial AT seperti yang dilansir salah satu media Lokal Channel Timur.com usai jumpa pers 25/08/22 di warkop Balai Endah Masamba,yang mana dalam jumpa pers tersebut membahas soal permasalahan yang dialami Saudara Erwin yang juga merupakan salah anggota Forum Komunikasi (FORKOM) LSM-PERS Luwu Utara.

Dalam jumpa pers yang diprakarsai oleh Almarwan selaku ketua Forum Komunikasi LSM-PERS Luwu Utara menegaskan pihaknya akan mendampingi Saudara Erwin Saputra untuk membawa kasus tersebut ke Ranah Hukum.

Hal itu disampaikan Almarwan saat jumpa pers yang digelar Erwin Saputra bersama pengurus Forum Komunikasi LSM-PERS Luwu Utara, Kamis (25/08/2022), di Warkop Balai Endah Masamba.

“Forum Komunikasi LSM-PERS Luwu Utara atas nama Saudara Erwin Saputra akan menyikapi masalah ini dengan serius. Karena saudara Erwin ini adalah bagian dari organisasi Forum Komunikasi LSM-PERS maka mau tidak mau, setiap masalah yang dihadapi anggota, juga menjadi tanggungjawab kami selaku pengurus”,Katanya, dalam Jumpa Pers.

Sebelumnya disebutkan bahwa salah Satu Oknum ASN di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara berinisial AT diduga telah menyebar tudingan yang bernuansa hoax dan fitnah yang katanya bahwa Erwin Saputra Meminta uang kepada salah satu Kepala Sekolah di Luwu Utara, dan tudingan tersebut disertai foto dengan kalimat ‘ ‘kalau tidak dikasih uang di sekolah na datangi di rumah’.

Lalu ada pula kalimat ‘Tabe ada yang mengenal ini katanya KPK (Mungkin Lsm) beliau mendatangi beberapa sekolah penerima DAK dengan alasan mau periksa’. Padahal Erwin Saputra tidak pernah melakukan hal tersebut.

Sementara itu pihak sekolah pun saat dikonfirmasi secara terpisah melalui telepon selluler mengakui bahwa pihaknya tidak bermaksud untuk membesar-besarkan hal tersebut seperti yang di sebarkan oknum ASN berinisial AT. Dan tidak pernah menyebut meminta sejumlah uang, namun faktanya dalam postingan tersebut terdapat kata-kata memeras dan meminta uang.

“Dengan berdasarkan bukti bukti inilah maka kita akan berupaya menempuh langkah langkah hukum”.Ujar Marwan.

Selain itu Marwan menyayangkan sikap Oknum ASN berinisial AT tersebut yang telah menyebar foto atau kalimat sepihak tanpa melakukan klarifikasi atau mencari fakta terlebih dahulu sebelum menyebarkan tudingan itu.

“Soal apakah itu kiriman dari kepala sekolah kepada si AT ini, ya itu urusan dia dengan kepsek secara pribadi, yang jelas AT menyebarkan itu secara pribadi di Grup WhatsApp DPRD. Kan mestinya dicari tahu dulu kebenarannya, klarifikasi ke lembaga yang bersangkutan atau orang yang dianggap mengenal pek erwin ini, apakah betul seperti itu faktanya, jangan kemudian dengan gamblang menyebar tudingan, kasihan pak Erwin ini dirugikan atas tudingan itu”,Ungkapnya.

“Terkait hal ini kita juga sudah berkonsultasi dengan para penasehat hukum FORKOM, dan bidang hukum di organisasi FORKOM, dan kita sepakat akan menyikapi masalah ini dengan menempuh upaya upaya hukum”,Pungkas Marwan.

Sementara sekretaris Forum Komunikasi LSM-PERS Luwu Utara, mengungkapkan hal yang sama, pihaknya akan melayangkan surat somasi ke Oknum ASN AT yang diduga menyebarkan tudingan.

“Kita berharap ada itikad baik dari oknum AT ini untuk meminta maaf secara terbuka kepada sodara Erwin. Namun jika ternyata upaya itu mengalami jalan buntu, maka tentu sama dengan ketua Forum, kita akan lakukan langkah langkah hukum”,Jelas Hamsul.

Ketua LP KPK Komcab Luwu Utara Muhammad Anwar SH, menyebutkan dan senada dengan Ketua FORKOM LSM – Pers Luwu Utara Almarwan bahwa pihaknya sangat menyesalkan adanya perbuatan yang tidak beretika sebagaimana seharusnya dilakukan oleh seorang Pejabat ASN dan jelas perbuatan tersebut bersifat melecehkan serta mencemarkan nama baik saudara Erwin Saputra baik secara pribadi maupun secara organisasi yang diwakilinya.

“Masalah ini harus segera kita luruskan agar tidak menjadi preseden buruk terhadap lembaga LSM dan Wartawan, khususnya di Luwu Utara terlebih kepada Saudara AT agar mau bersikap baik dan segera mengklarifikasi serta menarik kembali postingannya di group. Dan yang terpenting adalah meminta maaf kepada saudara Erwin Saputra atas kekeliruannya tersebut. Bila hal tersebut tidak di indahkan bersangkutan maka terpaksa kami akan mengambil langkah hukum untuk memulihkan kembali nama baik anggota kami,” jelasnya.

Sementara itu pihak ASN AT saat dikonfirmasi via telepon selluler Sabtu 27/08/22 menyampaikan bahwa terkait persoalan tersebut pihaknya memilih lebih baik diam sambil menunggu pertemuan antara pihaknya dengan LSM- PERS Luwu Utara yang sudah diagendakan bersama dengan Kadis Pendidikan Luwu Utara. “Masalah ini sudah kita agendakan untuk dilakukan pertemuan dan saya lebih memilih diam dulu, no coment sebelum pertemuan tersebut dilakukan”,sebutnya singkat.(*/r-sk)