oleh

Para Pedagang Pasar Sore Rantepao Direlokasi di Lahan Kosong Seputaran Pasar Pagi

-Bisnis-98 views

SEMANGATKARYA.COM, Toraja Utara – Sedikitnya 110 lapak pedagang di pasar Sore Rantepao, kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, direlokasi ke jalan Abdugani Rantepao di lahan kosong seputaran pasar pagi, Sabtu (27/8/2022) pekan lalu.

Lokasi seluas 1400 meter persegi Itu merupakan hasil negosiasi Pemkab Toraja Utara dengan pemilik lahan sedangkan masalah mengenai sewa menyewa lokasi menjadi urusan setiap pedagang dengan pemilik lahan.

Hal tersebut diutarakan sekretaris Satpol PP Toraja Utara, Frans .S. saat dikonfirmasi awak media disela sela pembongkaran lapak milik para pedagang yang direlokasi.

Frans juga menjelaskan bahwa relokasi para pedagang tersebut sehubungan dengan berakhirnya masa kontrak mereka pada akhir Juli lalu, lagi pula Pemda Torut akan memanfaatkan lahan di seputaran Art centre Rantepao tersebut untuk membangun sarana dan prasarana pendukung Alun-alun kota Rantepao.

Dari hasil pantauan media ini proses relokasi berjalan lancar tanpa kendala karena Pemda sebelumnya berhasil memotivasi para pedang secara persuasif edukatif.

Selain itu Pemda juga menyiapkan kendaraan roda 4 untuk mengangkut (memindahkan) barang-barang milik pedagang sampai ke kediaman mereka dan juga ketempat relokasi di jalan Abdulgani Rantepao oleh aparat Satpol PP. (**/Arie)