oleh

Pj. Bupati Hadiri Kegiatan FGD SPBE Kominfo Kolaka Utara

-Eksecutif-100 views

Kolaka Utara – Pj. Bupati Kolaka Utara Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,.MA, memimpin acara penting dalam rangka penyusunan strategis sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Kolaka Utara Forum Group Discussion (FGD) yang digelar di aula kantor Bupati Kolaka Utara menjadi momentum penting dalam perencanaan penyusunan buku laporan master plan SPBE.

Dra.Hj.Enty Hastatiawati, Kepala Bidang E-Goverment Dinas Kominfo Kabupaten Kolaka Utara, menekankan pentingnya langkah-langkah strategis dalam membangun infrastruktur teknologi yang memadai untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel. “Dengan penerapan digital di berbagai sektor, kita dapat menghadirkan pemerintahan yang responsif dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat,” ujarnya.

Penilaian evaluasi SPBE tahun sebelumnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dari indeks 1,78 menjadi 1,87. Ini menandakan komitmen dan progres dalam menerapkan 6 domain kunci dalam arsitektur SPBE, termasuk proses bisnis, infrastruktur, keamanan, dan layanan publik.

Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,.MA, dalam pidatonya, menggarisbawahi evolusi dari sistem administrasi yang berbasis kertas menuju tata kelola yang digital dalam 10 tahun terakhir. “Transformasi ini membawa perubahan fundamental dalam cara kita mengelola informasi, membuat keputusan, dan memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat,” jelasnya.

Beliau menegaskan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan peraturan presiden memegang peranan penting dalam menyediakan layanan pemerintahan yang efektif, terpadu, efisien, akuntabel, dan aman bagi semua pihak. “Perubahan ini memungkinkan kita untuk bergerak menuju sistem pemerintahan yang lebih adaptif, terhubung, dan disiplin dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Melalui pemanfaatan teknologi digital, Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,.MA mencontohkan bagaimana informasi yang konsisten dan terpercaya telah mempermudah akses informasi publik serta membantu dalam proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat. “Ini adalah langkah awal yang menandai keberhasilan dalam mengubah paradigma pengelolaan pemerintahan dari yang konvensional ke yang lebih modern dan adaptif,” paparnya.

Dengan berbagai inisiatif dan progres yang telah dicapai, langkah-langkah menuju tata kelola pemerintahan yang lebih efisien, responsif, dan transparan semakin nyata. Peran teknologi digital menjadi landasan utama dalam upaya menciptakan pemerintahan yang lebih baik dan pelayanan yang lebih baik pula kepada masyarakat Kolaka Utara.(net/SK)