oleh

Rayakan Idul Adha 1444 H, Polres Toraja Utara Bagikan Hewan Qurban Polri Presisi

-Hukrim-88 views

Toraja Utara – Keluarga Besar Kepolisian Resor Toraja Utara Polda Sulawesi Selatan menyembelih 4 ekor sapi sebagai hewan Qurban Polri Presisi pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah / 2023 Masehi di Mapolres Toraja Utara, Jumat (29/06/2023).

Didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Toraja Utara Ny. Dini Zulanda, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK.,M.Si secara simbolis menyerahkan hewan Qurban kepada Panitia penyembelihan Hewan Qurban Polres Toraja Utara.

Kegiatan penyembelihan Hewan Qurban yang digelar tersebut, disaksikan oleh Personel Polres Toraja Utara beserta dengan para Pengurus Bhayangkari Cabang Toraja Utara.

Hukum melaksanakan Qurban adalah sunah yang sangat dianjurkan bagi tiap umat Islam, baligh, berakal dan mampu. Adapun yang dimaksud mampu ialah memiliki kelebihan harta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri maupun yang wajib dinafkahinya saat hari Idul Adha. Namun, hukum Qurban bisa menjadi wajib jika menjadi nadzar.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK.,M.Si mengatakan bahwa, penyembelihan Hewan Qurban ini untuk menyemarakan syiar ldul Adha atau ldul Qurban tahun 1444 H 2023 M. Hewan Qurban tersebut akan dibagikan kepada warga Masyarakat yang dinilai layak menerima.

Menurut Kapolres, kegiatan tersebut memang rutin dilakukan oleh Polres Toraja Utara setiap tahunnya saat hari raya idul Adha atau hari raya Qurban sebagai bentuk kepedulian Polri kepada warga Masyarakat yang kurang mampu.

“Penyembelihan hewan Qurban ini sebagai ketaqwaan serta amal ibadah. Mari kita ambil momen berqurban dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan, kepedulian dan perhatian terhadap sesama utamanya saudara-saudara yang kurang mampu,” terangnya.

Setelah disembelih, ratusan bungkus daging hewan Qurban langsung di distribusikan kepada warga Masyarakat yang membutuhkan dengan mengedepankan peran para Bhabinkamtibmas dalam hal penyaluran hingga ke wilayah jajaran, tutup Kapolres.

Perlu diketahui, selain melaksanakan pembagian daging hewan Qurban yang telah disembelih, juga digelar pemberian rendang olahan daging kepada Warga Masyarakat dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-77.

(Humas Polres Toraja Utara Polda Sulsel)