oleh

Tanah Longsor Disertai Pohon Tumbang, Polsek Tondon Nanggala Polres Torut Gerak Cepat Bantu Buka Akses Jalan

-Peristiwa-171 views

SEMANGATKARYA.COM, Toraja Utara – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Nanggala Kabupaten Toraja Utara menyebabkan terjadinya bencana alam berupa tanah longsor yang disertai pohon tumbang di jalan Poros Palopo-Rantepao Dusun To’Banga Lembang Tandung Nanggala Kecamatan Nanggala Kabupaten Toraja Utara, Selasa (11/10/2022).

Mengetahui informasi tersebut, dipimpin langsung Kapolsek Tondon Nanggala Polres Toraja Utara AKP Markus Papi bersama Bhabinkamtibmas serta Personel lainnya langsung bergerak menuju lokasi tanah longsor dan melihat langsung material tanah longsor yang telah menutup keseluruhan badan jalan.

Dengan peralatan seadanya, Kapolsek Tondon Nanggala bersama Personel Polsek Tondon Nanggala dan Personel Kodim 1414/Tator dibantu Masyarakat berusaha untuk membuka akses jalan yang menghubungkan dua kabupaten tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tondon Naggala AKP Markus Papi mengatakan bahwa tanah longsor disertai pohon tumbang tersebut diperkirakan terjadi karena intensitas curah hujan yang tinggi pada sore hingga malam sehari sebelumnya yang menyebabkan konstruktur tanah menjadi labil tidak mampu menahan debit air hujan.

Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa dan materi, namun demikian akibat kejadian tersebut badan jalan penghubung Rantepao – Palopo tersebut mengalami keretakan dan untuk sementara tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Toraja Utara AKP Alwi menambahkan bahwa dengan adanya perubahan cuaca yang ekstrim, Bapak Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K sebelumnya telah mengeluarkan Imbauan kepada Warga Masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.

“Ia juga telah telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolsek Jajaran tak lepas dari peran Bhabinkamtibmas agar rutin memberikan imbauan kepada Masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bila terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi disertai angin kencang,” tutupnya.

Sumber : Humas Polres Toraja Utara Polda Sulsel