oleh

Ops Zebra 2019 Polres Tator, di Hari Pertama Pelanggaran Lalin Didominasi Anak di Bawah Umur

-Hukrim-151 views

SEMANGATKARYA.CO, Toraja – Hari pertama Ops Zebra 2019, Aparat Pelaksana Operasi menjaring 80 pelanggaran, 67 pelanggar yang ditindak dengan tilang dan 23 pelanggar yang diganjar dengan surat teguran, data ini diperoleh dari Sat lantas Polres Tana Toraja, Rabu (23/10/2019).

Informasi lanjut yang diperoleh dari Sat Lantas, Operasi yang berlangsung di Jalan Ampera Makale, Tana Toraja dipimpin oleh Kasat Lantas, AKP A Tanri Abeng menghasilkan 60 Penindakan.

Sementara, Operasi di Jalan Poros Bolu Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara yang dipimpin oleh Kanit Lantas Rantepao, Iptu Puji Jatmika menghasilkan 20 Penindakan.

Di hari pertama ini, menurut Kasat Lantas Polres Tana Toraja, penindakan tilang didominasi oleh 17 pelanggaran pengendara di bawah umur yang tidak memiliki SIM, disusul 10 pelanggaran yang tidak menggunakan helm.

“Salah satu tujuan dari operasi zebra adalah meminimalisir penggunaan kendaraan oleh anak di bawah umur, dengan tujuan untuk mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas,” tutur A Tanri Abeng.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa salah satu cara mengedukasi generasi milenial adalah dengan cara diberlakukan penindakan tilang, diharapkan dengan cara ini dapat menekan kecendrungan dari generasi muda untuk melakukan pelanggaran lalu lintas.

Menurutnya lagi, operasi zebra yang berlangsung saat ini diharapkan juga mampu menekan kecendrungan sikap dari pengendara yang masih mengabaikan keselamatannya sendiri.

Di akhir keterangannya, AKP A Tanri Abeng kembali mengimbau segenap warga masyarakat untuk memperhatikan
sasaran dari Operasi Zebra 2019, yang diantaranya meliputi:

  • Kelengkapan kendaraan dan pengemudi.
  • Penggunaan HP saat berkendara.
  • Pelanggaran rambu-rambu lalu lintas.
  • Penggunaan Helm SNI saat berkendara.
  • Larangan berkendara saat dibawah pengaruh alkohol.
  • Larangan berkendara di bawah umur.
  • Larangan Penggunaan Knalpot Bising/racing.
  • Larangan ugal-ugalan di jalan raya saat berkendara. (Hms Polres Tator)

Reporter: Arie Kasih

Komentar