oleh

Tiga Titik Program Utama di Lembang Lili’kira Jadi Skala Prioritas

-Desaku-113 views

SEMANGATKARYA.CO, Toraja Utara – Sebabagai kepala pemerintahan di Lembang Lili’kira yang baru saja dilantik dan memangku jabatan sebagai kepala lembang atau Desa. Markus Duma akan melanjutkan program yang sudah ada dan lebih memfokuskan kegiatan pada tiga titik pembangunan, yakni pertama pembenahan peneyediaan Air Bersih, pembangunan jalan penghubung antar Dusun dan Pembangunan Jembatan.

Namun pada program pembenahan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Markus Duma akan lebih mengkhususkan dan mengutamakan proses pekerjaannya di awal pemerintahannya.

Hal tersebut dipaparkan setelah dirinya (Markus Duma Red) resmi menjabat Kepala Lembang (Kalem/Kades) Lili’kira’ periode 2020-2026 di Kecamatan Nanggala, Toraja Utara, saat SK mewawancarainya di kediamannya, Jumat (17/1/2020).

“Untuk saat ini Pamsimas menggunakan anggaran swadaya masyarakat untuk perawatan karena katanya dana Pamsimas sudah habis sedangkan yang mau dibenahi itu banyak. Makanya kita upayakan kerjakan dulu walaupun belum permanen, nanti kedepannya kita pikirkan lagi apakah masih ada bantuan dari pemerintah, kalau memang masih ada kita benahi untuk selanjutnya,” ungkapnya.

Selain Pamsimas, jalan penghubung ke beberapa dusun juga menjadi prioritas utama.

“Jalan yang sudah ada yang melingkar di kampung tapi masih banyak yang perlu dibenahi karena tidak bisa menghubungkan kendaraan,” terangnya.

Dikatakan juga bahwa dari hasil kesepakatan Musrenbang yang telah usai dilaksanakan, ada 3 titik program prioritas pembangunan infrastruktur yang akan dikerjakan selebihnya ke pemberdayaan masyarakat.

Diuraikan, 3 titik program prioritas tersebut yakni pengerjaan jembatan di Dusun Benteng, Pentalutan di depan kantor Lembang, Jalan lembang yang menghubungkan antar Dusun.

Dari program prioritas yang sudah diagendakan, Markus Duma berharap semoga berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat.

Reporter : Arie Kasih

Komentar