oleh

Banjir Bandang dan Longsor, Rusak Rumah Warga serta Sejumlah Fasilitas Pemerintah Desa Lambuno

-Desaku-234 views

Kolaka Utara-Semangatkarya. com-. Bencana banjir bandang dan tanah longsor di Desa Lambuno, Kecamatan Katoi,
Kabupaten Kolaka Utara, pada Rabu (23/3) waktu setempat sempat merusak sejumlah rumah warga dan beberapa fasilitas pemerintah desa serta akses jalan di Desa Lambuno.

Kejadian ini diungkapkan Kepala Desa Lambuno, Masykuri, SH kepada wartawan SK saat berkunjumg di kediamannya Kamis 24/03/22.

“Kejadian sekitar pukul 01.00 dini hari, bencana disebabkan karena hujan deras semalam suntuk di
sertai angin kencang, sehingga mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor, 1 rumah warga milik Burhan DgTulung tertimbun tanah longsor, sedangkan penghuni dalam kondisi selamat” papar Masykuri.

Disamping merusak rumah warga, Masykuri juga menyampaikan bahwa bencana itu berdampak kepada Dusun I, II dan III desa Lambuno. Kerusakan beberapa fasilitas desa seperti sarana air bersih (perpipaan), bronjong di bantaran sungai serta beberapa lahan warga akibat abrasi sungai. Masih banyak jalan terputus karena tertutup lumpur terutama akses menuju Dusun IV dan Dusun V,

Sebagai upaya dari pemerintah desa setempat, lanjut Masykuri, kini dilakukan swadaya dengan melibatlan seluruh masyarakat Desa Lambuno untuk penanganan dini hingga pasca pbanjir dan longsor.

“Selaku pemimpin pemerintahan Desa Lambuno, saya berharap perhatian dan dukungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam hal pihak BPBD Kolaka Utara segera bergerak cepat melakukan evakuasi warga yang kena dampak banjir bandang dan tanah longsor. Termasuk perbaikan sarana normalisasi sungai dan pemasangan talut atau bronjong sepanjang bantaran sungai sekitar 800 meter, ” demikian Masykuri seraya penuh harap. **irwansyah putra**