oleh

Beri Semangat, Amran Mahmud Sebut Penghafal Alquran Jadi Primadona

Wajo – Bupati Wajo, Amran Mahmud meresmikan Pondok Tahfiz Qur’an Ar Rauf yang berlokasi di Desa Ujung Baru, Kecamatan Tanasitolo, Minggu (2/7/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama, Muhammad Yunus, Pendiri Pondok Tahfiz Ar Rauf, Abd Rauf Kamil bersama keluarga besar serta hadir sejumlah undangan lainnya.

Amran Mahmud menjelaskan bahwa bertambahnya jumlah pondok tahfiz di daerah ini selaras dengan impiannya dalam mencetak para penghafal Al Qur’an di Kota Santri.

” Pertumbuhan pondok Tahfiz Qur’an di kabupaten Wajo tumbuh signifikan selama empat tahun terakhir ini, hingga kini tercatat ada 80 an lebih pondok tahfiz tersebar di berbagai Desa dan Kelurahan dengan jumlah santri mencapai empat ribuan, ” ujarnya.

Dilanjutkannya, Pemerintah Kabupaten Wajo terus berupaya mendorong pertumbuhan Pondok-Pondok Tanfiz di daerah ini. Harapannya agar semakin banyak anak-anak kita yang bisa terakomodasi menjadi penghapal Al Quran.

“Menjadi peghafal Al Qur’an saat ini telah menjadi primadona di berbagai tempat, baik di Perguruan Tinggi maupun di dunia kerja. Banyak Perguruan Tinggi saat ini menyediakan Beasiswa khusus kepada penghafal Al Quran, jadi anak-anakku tidak perlu ragu untuk menjadi penghafal Al-qur’an, ” katanya menyemangati.

Sebelumnya, Kepala Kantornya Kementerian Agama Kabupaten Wajo, Muhammad Yunus memberikan wejangan kepada 20 Santri Pondok Tahfiz Ar Rauf. Yunus mengatakan menjadi penghafal Al-qur’an adalah anugerah yang luar biasa, tidak semua orang bisa mendapatkan berkah seperti ini.

“Ketika engkau dianugerahi keinginan belajar dan menghafal Al-quran maka kuatkanlah hatimu untuk belajar Al-quran, Insyaallah akan menjadi berkah bagimu dan berkah bagi kedua orangtuamu, ” ujarnya.

Muhammad Yunus juga mengapresiasi Bupati Wajo atas perhatiannya untuk pengembangan keagaamaan di Kabupaten Wajo. “Kita tahu bahwa Pak Bupati sejak awal kepemimpinannya menjadikan pembangunan umat sebagai salah satu prioritas. Mari kita doakan beliau agar diberikan kesehatan untuk terus memimpin kita,” ucapnya.

Sementara Pendiri Pondok Tahfiz Ar Rauf, Abdul Rauf Kamil mengatakan saat ini sudah ada dua puluh orang santri yang terpilih untuk mondok dan belajar menghafal Al-quran di Pondok Tahfiz Ar Rauf.

Mereka berasal dari berbagai daerah di kabupaten Wajo, mereka nantinya akan belajar dan menghafal Al-quran di sini dan dibina oleh Udztas-Udztas yang berpengalaman. Harapannya, mereka bisa menyelesaikan hafalannya dalam waktu paling lambat tiga tahun.

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kehadiran Bapak Bupati yang meskipun memiliki jadwal yang padat namun karena perhatiannya untuk pembinaan generasi muda sehingga menyempatkan hadir,” pungkasnya.