oleh

DPT Pilkades Bualemo A Ditetapkan, Lima Kandidat Siap Tarung Wujudkan Kampanye Sehat

-Desaku-228 views

SANGATKARYA.COM, Luwuk Banggai – Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) Serentak Gelombang I Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) akan digelar pada 2 November 2022 mendatang. Khusus di Desa Bualemo, kini memasuki tahap penetapan Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) oleh P4KD Bualemo A, berlangsung pada Jum’at (24/9) di Balai Desa Bualemo A.Kecamatan Bualemo.

Sukses penatapan DPT Desa Bualemo A tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Bualemo yang juga, Kepala Subag Kepegawaian Anggoro Yugasmoro, S.P, Plt Kades Bualemo A. Nurdin Nusi, Ketua BPD Desa Bualemo.A Sukirno Nusi,S.Pd, Ketua Panitia Pelaksana Pilkades Desa Bualemo.A Dasrun Tahawali, M.Pd. dan ke lima calon Kepala Desa Bualemo A.

Demikian disampaikan langsung oleh wartawan SK di lokasi pelaksanaan kegiatan. Acara dimulai kata sambutan perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Bualemo Anggoro Yugasmoro,S.P menyampaikan harapan dari Camat Bualemo agar setiap pihak yang terlibat dalam Pilkades dapat mencermati kembali daftar nama-nama pemilih yang telah ditetapkan menjadi DPT.

“Ini penting dilakukan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dan mungkin bisa saja terjadi apabila ada potensi masalah di dalam DPT tersebut, ” ungkap Anggoro Yugasmoro.

Tidak hanya itu, dia juga menghimbau, semua pihak terutama para pendukung kelima calon kepala desa tetap menjaga kondisi pelaksanaan Pilkades yang aman dan tertib. Pesta demokrasi ini, katanya, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kecamatan dan Panitia Pilkades bersama BPD. Tapi setiap pihak yang terkait di dalamnya harus imengawal dan menjaga kondusifitas Pilkades Bualemo A.

Harapan serupa juga datang dari Plt Kades Bualemo.A , Nurdin Nusi. Hanya saja, dia menegaskan kepada calon kepala desa yang akan bertarung di Pilkades Bualemo A agar jangan terlalu berlebihan dalam berkampanye di luar. Sebaliknya, mereka kampanye yang sehat, sejuk dan damai.

Senada dengan sambutan Ketua BPD Desa Bualemo.A , Sukirno Nusi,S.Pd. yang mengharapkan pelaksanaan Pilkades Desa Bualemo.A dapat berjalan sesuai dengan tema pertemuan hari ini yaitu ” Menciptakan Suasana Aman Damai Sejuk Sehat dan Tetap Patuh Pada Protokol Kesehatan”, serta tak lupa berpesan kepada kelima calon kepala desa agar dapat bersaing secara sehat.

Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Penetapan dan Pengesahan DPT Pilkades Bualemo A oleh Ketua P4KD Pilkades Serentak Desa Bualemo A, Dasrun Tahawali, M.Pd. Total DPT di Desa Bualemo A mencapai 941 orang dengan rincian DPT Dusun I berjumlah 231 terdiri dari 110 laki-laki dan 121 perempuan, DPT Dusun II berjumlah 407 dengan rincian 210 laki -laki dan 197 perempuan, DPT Dusun III berjumlah 303 dengan rincian 149 laki – laki dan 154 perempuan, jumlah total 941 ( 469 laki-laki dan 472 perempuan ).

Kelima Calon Kades Bualemo A adalah Hairudin Tuamaji (incumbent),Yustan Asiki,Himran Djawaba,S.Pd., Syamsurizal Labolo,S.Pd. dan Arianto Latowa.

Laporan : irwansyahputra