oleh

Syamsurizal Labolo, S. Pd, Calkades Bualemo A Berjanji Akan Mewujudkan Pembangunan Yang Maju dan Terdepan

-Profile-224 views

Banggai-Semangatkarya.com. Syamsurizal Labolo, S. Pd, satu diantara lima kandidat akan segera bertarung pada Pilkades Bualemo A, Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah {Sulteng) pada awal Nopember 2022 mendatang.

Syamsurizal yang ditemui di rumah kediamannya pada Sabtu (24/9) mengatakan, dirinya sudah siap memimpin Desa Bualemo A enam tahun kedepan. “Apabila saya terpilih menjadi Kades Bualemo A, maka impian yang terbesar bagi saya adalah membawa Desa Bualemo A maju dan terdepan, baik dalam pemberdayaan masyarakat maupun infrastruktur pembangunan, Muaranya adalah peningkatan tarap hidup masyarakat Desa Bualemo A,” ungkap Syamsurizal sembari menyebutkan komitmennya untuk membangun Desa Bualemo A. 6 Tahun Kedepan bila berhasil terpilih jadi Kades

Apa yang diungkapkan pria berusia 65 tahun ini, bukan tanpa alasan. Dalam hemat dia, maju untuk pemilihan Kepala Desa serentak Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah pada 2 November 2022 nanti. “Keterpurukan Desa Bualemo A yang terletak di ibukota Kecamatan Bualemo yang membutuhkan perubahan sangat besar untuk menuju desa terbaik di Kabupaten Banggai adalah dasar utama saya untuk mencalonkan diri sebagai pelayan masyarakat di Desa Bualemo A, atas izin Allah SWT, saya siap tarung, ” ujar Syamsurizal dengan nada mantap.

Apabila terpilih menjadi Kades Bualemo A pada Pilkades nanti, katanya, siap memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan segala kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya.Sebut saja, lulusan S1 Untika ( Universitas Tompotika) Luwuk Banggai tahun 2001. Memulai karirnya sebagai PNS di SD Inpres Sindang Sari 1 Toiki Barat dari 1 Maret 1981 hingga 1 November 1983.

Lalu menjadi Kepala SD Inpres Bukit Makarti, Toili Barat sejak 1 November 1981 hingga 1 Juli 1989. Sebagai Kepala Sekolah SD Inpres Makapa B, Kecamatan Toili Barat sejak 1 Juli 1989 -1 Desember 1991. Menjadi Guru di SD Inpres Lamo,Kecamatan Batui sejak 1 Desember 1991-1 Juli 1997.

Menjadi Kepala Ondo Ondolu, Kecamatan Batui 1 Juli 1997-1 Juli 2003, 1 Juli 2003 -1 Juli 2005, Kepala SD Inpres Manampa, Kecamatan Batui. 1 Juli 2005 -1 Juni 2006, kembali menjadi Kepala lSD Inpres Lamo, Kecamatan Batui. 1 Juni 2006 mendapatkan SK sebagai Pengawas Sekolah Dasar Kecamatan Bualemo hingga 1 Juni 2012. Pada 1 Juni 2012 menjabat Kepala Unit Pelaksana Teknis ( Ka. UPT Kecamatan Bualemo) hingga 1 Juni 2016. Akhirnya, ia kembali menjadi Pengawas Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai untuk Kecamatan Bualemo hingga pensiun 1 November 2018.

Sedangkan dalam pengalamanan organisasi, antara lain
Sekretaris KNPI 2 periode 1990-2001,
Ketua Komite Pengajaran SMP Negeri 1 Bualemo tahun 2009-2017, Ketua PMI 3 periode 2012 -2016, 2021 – sekarang, Ketua Kwarran Kecamatan Bualemo 2007-2021, Pengurus Kwarcab 2 periode sejak 2017- sekarang

Prestasi Akademis yakni menjadi peserta Lomba Pengawas Daerah Terpencil Tingkat Nasional mewakili Sulawesi Tengah pada 8 sampai 18 Agustus 2018 di Jakarta. “Selama mengemban amanah memimpin berbagai sekolah, tidak jarang sekolah yang saya pimpin meraih prestasi di bidang pendidikan, olahraga dan seni tingkat Sekolah Dasar se- Kecamatan,” ucapnya.

Sukses menahkodai sejumlah SD di Kecamatan Bualemo, diakui, adanya kerja sama dengan segenap guru dan komite sekolah. ” Pola pendekatan humanis, kekeluargaan serta musyawarah dan sosialisasi program sekolah ke orang tua murid menjadi parameter dalam setiap memajukan satuan pendidikan saat masih aktif sebagai ASN lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai,” jelas Syamsurizal.

Dalam kapasitasnya sebagai calon kepala desa Bualemo A, jika terpilih siap memimpin Desa Bualemo.A. “Saya memiliki Visi yakni Bualemo A Maju dan Terdepan di Kecamatan Bualemo. Misi saya, Mewujudkan Pemerintahan yang Baik, Bersih, Sehat, Cerdas, Produktif dan Berbudaya dalam Membangun Desa Bualemo A.

Dengan sisa usia yang ia miliki ini, akan dedikasikan untuk melayani masyarakat Desa Bualemo. A sebaik-baiknya, bersama-sama dan bekerja sama membawa Desa Bualemo .A ke arah perubahan yang jauh lebih baik. “Itu semua tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan masyarakat Desa Bualemo A untuk mendukung dan memilih saya sebagai calon kepala desa mereka, Insya Allah, “tutup Syamsurizal dengan nada semangat dan yakin.

Laporan : Irwansyah Putra