oleh

Jelang Iduladha, Dinas Pertanian Luwu Utara Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Terpenuhi

Luwu Utara — Dalam rangka memastikan ketersediaan hewan kurban jelang perayaan iduldha di Kabupaten Luwu Utara, Dinas Pertanian melakukan kegiatan pendataan ketersediaan, sekaligus pemeriksaan kesehatan hewan ternak di sejumlah kandang penampungan milik pedagang jual beli hewan ternak (belantik) dan pedagang pengumpul dadakan.

Kegiatan ini dilaksanakan 13 – 19 Juni 2023 di sejumlah kecamatan. Di antaranya Baebunta, Baebunta Selatan, Masamba, Mappedeceng, Sukamaju, Sukamaju Selatan, Bonebone, dan Tanalili. “Hewan ternak yang kami data ini adalah sapi, kerbau dan kambing,” kata Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Peternakan, Kaswanto, Kamis (22/6/2023), di Masamba.

Kaswanto mengatakan, tujuan dari pendataan ini adalah untuk mendapatkan data ketersediaan hewan kurban, sehingga warga yang akan melaksanakan kurban di wilayah Luwu Utara tidak sulit mendapatkan hewan kurban. “Kita juga ingin memastikan hewan ternak yang akan dipotong dalam kondisi sehat, tidak terserang PMK, Jembrana dan Anthraks,” jelasnya.

“Kami ingin memastikan bahwa hewan ternak ini memang layak jual dan layak dipotong, sehingga masyarakat tak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging kurban pada saat iduladha nanti,” jelasnya. Ia mengungkapkan, hewan ternak yang didata dan diperiksa kesehatannya di belantik dan pedagang pengumpul dadakan sebagian besar berasal dari Luwu Utara.

“Kami pastikan ketersediaan hewan kurban di Luwu Utara sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang masih mencari hewan kurban,” ucap Kaswanto menjamin stok hewan kurban di Luwu Utara. Dnas Pertanian juga menjadwalkan pemeriksaan kesehatan ternak sebelum dan sesudah dipotong mulai 26 Juni – 2 Juli 2023 di semua kecamatan.

Berikut data ketersediaan dan estimasi kebutuhan hewan ternak menjelang Iduladha di wilayah Kabupaten Luwu Utara:
1. Ketersediaan sapi 2.923 ekor
Estimasi kebutuhan sapi 2.777
2. Ketersediaan kerbau 887 ekor
Estimasi kebutuhan kerbau 843 ekor
3. Ketersediaan kambing 1.200 ekor
Estimasi kebutuhan kambing 1.176 ekor