oleh

Milad Ke-46, BKPRMI Luwu Utara Gelar Pawai Ta’aruf, Dimeriahkan 3000 Lebih Peserta

-Agama-145 views

Luwu Utara — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kabupaten Luwu Utara menggelar Pawai Ta’aruf dan Donor Darah, Ahad (3/9/2023). Sekira 3.000 lebih peserta, bahkan diperkirakan mendekati angka 4.000-an, ikut memeriahkan kegiatan yang digelar dalam rangka Milad Ke-46 BKPRMI ini.

Peserta yang sebagian besar adalah para santri dan pemuda remaja masjid se-Kabupaten Luwu Utara ini dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. H. Armiadi, M.Si., di depan rumah jabatan Bupati Luwu Utara. Membludaknya peserta tidak terlepas dari dukungan pemda dan kerja keras para pengurus dan anggota BKPRMI se-Kabupaten Luwu Utara.

Sekda Armiadi mengatakan bahwa Pemda Luwu Utara menyambut baik kegiatan yang diinisiasi BKPRMI Luwu Utara ini. “Atas nama pemerintah, kami menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi karena kegiatan ini adalah bagian dari syiar keagamaan,” ucap Sekda Armiadi, dalam sambutannya sebelum melepas peserta pawai.

Armiadi menyebutkan bahwa pawai ta’aruf yang dilakukan ini adalah bagian dari upaya untuk mempererat ikatan tali silaturahmi “Kalau kita memaknai, kegiatan ini adalah juga bagian dari refreshing, karena dengan kesibukan kita setiap hari, maka hari libur ini kita manfaatkan untuk melakukan syiar agama melalui pawai ta’aruf,” jelas Armiadi.

Mantan Kepala Dinas Pertanian ini berharap bahwa melalui kegiatan pawai ini, ada value yang bisa didapatkan. “Silaturahminya kita dapat, sehatnya kita dapat, karena kita jalan sambil berdiskusi, bercerita, serta bertukar pikiran, dan ini yang saya maksud sebagai bagian dari silaturahmi yang coba kita bangun melalui kegiatan kita ini,” terangnya.

Masih Armiadi, kegiatan pawai ta’aruf dan donor darah yang dilakukan BKPRMI Luwu Utara ini adalah salah satu bagian dari manifestasi atau refleksi dari rasa syukur kepada Allah Swt. “Mari kita manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan berharap kita pawai secara teratur sesuai nomor urut yang telah ditentukan bersama,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD BKPRMI Luwu Utara, Amiruddin, S.Pd.I., M.Pd.I., menyebutkan bahwa peserta pawai ta’aruf diikuti lebih dari 3.060 peserta yang tersebar di seluruh Kabupaten Luwu Utara. “Berdasarkan laporan yang masuk tadi malam bahwa ada 3.060 pendaftar. Namun, sampai pagi ini, peserta terus bertambah,” ucap Amiruddin.

Pria yang akrab disapa Amir ini menyebutkan bahwa BKPRMI Luwu Utara juga melaksanakan beberapa kegiatan memperingati Milad Ke-46 BKPRMI. Selain pawai ta’aruf dan donor darah, pihaknya juga melaksanakan khotmil qur’an yang diikuti 2.000 santri dan remas se- Lutra yang kegiatannya telah berlangsung sejak Jumat 1 September kemarin.

Selain itu, akan dilaksanakan wisuda santri pada 5 September mendatang di Desa Saptamarga, Sukamaju. Kegiatan bersih-bersih masjid yang dipelopori BKPRMI kecamatan juga dilaksanakan dengan menggerakkan para kelompok remaja masjid se-Luwu Utara. Kegiatan ini sementara berjalan sejak 1 September, dan akan berakhir pada 10 September 2023.

Yang menarik, BKPRMI Luwu Utara juga akan menggelar kegiatan santunan terhadap para guru mengaji yang sedang sakit atau para guru mengaji yang memang sangat membutuhkan uluran tangan dan bantuan. Kegiatan ini bekerja sama dengan Baznas Luwu Utara dengan mendatangi beberapa para guru mengaji yang telah didata sebelumnya.

“Sesungguhnya kegiatan kita ini adalah bagaimana membangkitkan kebersamaan untuk lebih memakmurkan masjid dan memajukan Indonesia, sehingga kegiatan kita ini gairahnya untuk anak-anak kita juga, sekaligus bagaimana menggerakkan kita semua untuk mencintai qur’an, dan cinta remaja masjid demi memajukan Indonesia,” pungkasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, para Kepala Perangkat Daerah (PD), Kapolsek Masamba, Ketua Baznas Kabupaten Luwu Utara, Ketua DMI Kabupaten Luwu Utara, Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, serta yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Luwu Utara, beserta para tamu undangan dan peserta lainnya. (LHr)