oleh

Tim Visitasi Kemenparekraf Tiba di Luwu Utara, Persiapan Penilaian Desa Wisata Rinding Allo

-News-91 views

Luwu Utara — Tim Visitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia/Baparekraf bersama Tim Dewan Juri akhirnya tiba di Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (6/7/2023). Tim ini tiba di Bandara Bua Kabupaten Luwu dan dijemput oleh Tim dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Tim ini dijadwalkan melakukan penilaian lapangan di Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong pada Sabtu 8 Juli 2023 mendatang. Diketahui, Desa Rinding Allo masuk 75 Besar Desa Wisata Indonesia berdasarkan Desk Assesment terhadap total 4.573 desa wisata. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo-SP Luwu Utara, Nursalim Ramli.

“Alhamdulillah, Tim Kemenparekraf dan Tim Dewan Juri Desa Wisata Indonesia telah tiba hari ini. Pak Menteri Parekraf diwakili oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Bapak Indra Ni Tua,” ungkap Nursalim. Ia menyebutkan, Tim Kemenparekraf RI dan Tim Dewan Juri yang berkunjung sebanyak 13 orang. “Ya, ada 13 orang,” sebut dia.

Eks Kepala BKPSDM ini mengatakan bahwa kunjungan dan penilaian ini merupakan hasil dari tahapan kurasi dan pengumuman 75 Besar ADWI 2023 berdasarkan assesment terhadap 4.573 Desa Wisata yang terdaftar melalui platform JADESTA. “Jadi, saat penilaian dilakukan, Pengelola Desa Wisata diwajibkan hadir tepat pada pukul 15.00 WITA,” terangnya.

Sekadar diketahui bahwa kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 merupakan sebuah program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka mendorong serta mendukung pengembangan potensi desa-desa wisata yang ada di Indonesia agar menjadi destinasi wisata yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan. (LHr)