oleh

Wabup Suaib Mansur Apresiasi Hasil pertanian Dan Sikap Toleransi Warga Desa Tarobok

-Desaku-83 views

Luwu Utara – Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur ST. M. Si, menghadiri kegiatan Pesta Panin warga Desa Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara untuk musim panen tahun 2023.

Wabup Suaib Mansur dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan pesta panen seperti ini harus dipertahankan, dan ditingkatkan setiap usai panen sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan Rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

“Acara pesta panen atau syukuran yang digelar oleh warga desa terobok patut diapresiasi oleh karena tolenransi dan kebersamaan masyarakat yang cukup tinggi sehingga syukuran pesta panen yang digelar seperti ini dapat terlaksakan dengan baik”, sebut Suaib Mansur.

Lebih lanjut Wabup Suaib Mansur menginstruksikan agar toleransi dan kerukunan antar warga desa tarobok tetap terpelihara dengan baik, sehingga capai hasil yang telah diraih saat ini dapat dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan.

Masyarakat desa tarobok menghadiri dan memadati lapangan sepak bola desa tarobok dalam rangka acara syukuran atau pesta panen yang digelar warga desa Tarobok untuk musim panen tahun 2023 yang diprakarsai pemerintah desa dan para tokoh masyarakat setempat.

Turut Hadir mendampingi Wabub Suaib Mansur dalam kegiatan tersebut antara lain Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Lutra, Sekretaris Dinas Pertanian Lutra, Ka. TAPM T3MD Kabupaten Luwu Utara Zulkifli N, dan beberapa Unsur Muspika kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara dan Tokoh Masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara, dr. Hj. Adriani Ismail, membeberkan bahwa menurut laporan yang diterima secara keseluruhan kecamatan Baebunta penghasilan petani jagung maupun padi ada sekitar 73 milyar lebih setiap kali panen dan khusus petani jagung warga desa tarobok mendapat penghasilan jagung sebesar 20 milyar ditambah dengan pendapatan Pertanian padi sebesar 26 milyar lebih jadi khusus untuk penghasilan petani desa tarobok mencapai 46 milayar lebih. Artinya capaian pendapatan petani desa tarobok diatas rata-rata 50 persen dari penghasilan secara keseluruhan kecamatan Baebunta.

Kepala desa Tarobok Muh. Aris menyampaikan laporannya dalam rangka kegiatan pesta panen warga tani Desa Tarobok. Dan acara ini terselenggara atas partisipasi masyarakat desa tarobok yang merupakan swadaya murni dan menurut panitia sempat terkumpul dana 35 juta rupiah.

“Adanya kegiatan syukuran pesta panen ini merupakan kegiatan rutin warga desa tarobok dalam setiap 3 tahunan, namun dalam skala tingkat dusun desa tarobok kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam setiap selesai panen padi”, jelas Muh. Aris.

Lebih lanjut kades Muh. Aris mengatakan bahwa terlaksananya kegiatan ini berkat partisipasi warga yang merasa bersyukur atas limpahan hasil pertanian tahun ini yang cukup melimpah, khususnya harga gabah yang meningkat diatas harga 5000/kilogram.

Dan kepala desa Muh. Aris juga sempat menyinggung soal tanggul sungai Rongkong yang kerap meluap dan meskipun sudah dilakukan perbaikan secara gotong royong namun tidak maksimal sehingga kerap terjadi peluapan air saat banjir datang.

Sementara itu dinas pertanian lutra melaporkan hasil pertanian desa tarobok sedikitnya 6,3 ton/hektare bahkan ada yang mencapai 7 ton/hektare. “Sesuai hitung-hitungan Dalam satu panen warga bisa mencapai 26 milyar dalam satu musim untuk 3 kelompok tani yang paling aktif didesa tarobok, hal ini karena petani menggunakan bibit unggul dan ditunjang dengan bimbingan tekhnis dari penyuluh pertanian kabupaten Luwu Utara”, sebut sekretaris dinas pertanian Luwu Utara.(Wawan Heriawan)